Selasa, 24 November 2009

10 Jenis Shalat yang ditolak Allah Ta'ala


Rasulullah S.A.W. telah bersabda yang bermaksud : "Barangsiapa yang memelihara sholat, maka sholat itu sebagai cahaya baginya, petunjuk dan jalan selamat dan barangsiapa yang tidak memelihara sholat, maka sesungguhnya sholat itu tidak menjadi cahaya, dan tidak juga menjadi petunjuk dan jalan selamat baginya." (Tabyinul Mahaarim)
Rasulullah S.A.W telah bersabda bahwa : "10 orang sholatnya tidak diterima oleh Allah S.W.T, antaranya :

1. Orang lelaki yang solat sendirian tanpa membaca sesuatu.
Orang yang sholat tanpa membaca sesuatu tentu saja shalatnya tidak sah karena sudah meninggalkan rukun sholat antara lain takbiratul ihram, membaca al fatihah dan tasyahud akhir.


*. Dari Aisyah, ia berkata, "Nabi membuka shalat dengan takbir." (Shahih Muslim)

*. Dari Ubadah bin Ash Shamid, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak sah shalat seseorang, yang tidak membaca Fatihatul kitab (Al Fatihah)" (Shahih Bukhari dan Muslim)

*. Hadits Ibnu Mas'ud, ia berkata, "Dulu sebelum diwajibkan kepada kami untuk membaca tasyahud, kami membaca, Assalamu alallah qibala ibaadihi..., ketika melihat ini Nabi bertutur, "Janganlah kalian mengatakan Assalamu alallah, namun katakanlah attahiyyaatu lillah... hingga akhir kalimat." (Shahih An Nasai dan Al Baihaqi)

2. Orang lelaki yang mengerjakan sholat tetapi tidak mengeluarkan zakat ( seperti dalam kandungan Qur'an Surat Al-Baqarah : 43 yang tertulis ) ;





[2:43] Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah Zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku' (AL BAQARAH (Sapi betina) ayat 43)

3. Orang lelaki yang menjadi imam, padahal orang yang menjadi makmum membencinya, (  seorang Imam hendaknya menjadi suri tauladan bagi makmum nya ) ;





[16:120] Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang Imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan), (AN NAHL (LEBAH) ayat 120)


4. Orang lelaki yang melarikan diri.
5. Orang lelaki yang minum arak tanpa mahu meninggalkannya (Taubat).
* Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Segala sesuatu yang memabukkan adalah khamer, sedangkan semua yang memabukkan hukumnya haram. Siapa yang meminum sesuatu yang memabukkan, maka dihapuslah (pahala) shalatnya selama empat puluh hari. Jika dia bertobat maka Allah berkenan menerima tobatnya, namun jika dia kembali untuk keempat kalinya (kembali minum arak setelah bertobat) maka Allah berhak memberikan minuman dari Thinah Al Khabal kepada dirinya. Salah seorang sahabat lalu bertanya, "Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan Thinah Al Khabal?' Beliau menjawab, "Thinah Al Khabal adalah nanah para penghuni neraka! Siapa yang meminumkan khamer kepada anak kecil yang tidak mengetahui halal dan haramnya, maka Allah berhak mencelupkan orang tersebut ke dalam nanah para penghuni neraka itu." (Shahih Abu Daud) Ash-Shahihah, 2039

6. Orang perempuan yang suaminya marah kepadanya.
7. Orang perempuan yang mengerjakan solat tanpa memakai tudung.








[33:59] Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya {1233} ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (AL AHZAB (GOLONGAN YANG BERSEKUTU) ayat 59)

8. Imam atau pemimpin yang sombong dan zalim menganiaya.

9. Orang-orang yang suka makan riba'.
10. Orang yang sholatnya tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan yang keji dan mungkar."

Sabda Rasulullah S.A.W yang bermaksud :"Barang siapa yang sholatnya itu tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan keji dan mungkar, maka sesungguhnya sholatnya itu hanya menambahkan kemurkaan Allah S.W.T dan jauh dari Allah."

Hassan r.a berkata : "Kalau sholat kamu itu tidak dapat menahan kamu dari melakukan perbuatan mungkar dan keji, maka sesungguhnya kamu dianggap orang yang tidak mengerjakan sholat. Dan pada hari kiamat nanti sholatmu itu akan dilemparkan semula ke arah mukamu seperti satu bungkusan kain tebal yang buruk."


10 komentar:

  1. asslamkum wr.wb
    subhanAllah semoga dengan ini saya dapat melaksanakan sesungguhnya,artikel anda sangat berharga,jazhakumullah.
    wasslmkum wr.wb

    BalasHapus
  2. wah, postingan bagus ^_^
    saya jadi tau lebih banyak, nih...
    info yang bagus banget!
    makasih!

    BalasHapus
  3. Aslkum...keren begete sobat,
    pagi2 pas bisa online lagi pake modem yg ngambek, langsung disuguhi artikel bermanfaat ini..

    makasi sobat, Insya Allah kita bisa mencegah perbuatan yg dpt menyebabkan sholat kita tidak diterima..

    Amin.

    BalasHapus
  4. tambah tau nih..
    makasih artikelnya..

    BalasHapus
  5. Subhanallah, terimakasih atas info artikelnya.

    BalasHapus
  6. subhanallah,,sya suka bgt baca artikel blog kakak nie...

    sya jd tau tntng ilmu2 khususnya ilmu islam..
    sya jg ngasih tau tntng artikel yg saya baca dr blog kakak ke tmn2 kampus saya....

    BalasHapus
  7. Anonim8:22 AM

    artikel yang bagus, mengingatkan kita tentang sholat yang selama ini kita lakukan.

    BalasHapus
  8. Anonim11:45 AM

    Assalamu'alaikum, jazakumullaohu khoiron untuk materi artikel diatas ana sangat membutuhkan
    semoga Allah selalu mempermudah segalanya amin
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  9. Anonim11:48 AM

    Assalamu'alaikum
    afwan sebelumnya ana sangat membutuhkan artikel antum kalau tidak keberatan mohon dikirim ke email ana ro_ha_di@yahoo.co.id sebelum dan sesudahnya ana ucapkan jazakumullahu khoiron
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  10. Anonim1:55 PM

    Assalamualaikum Wr.Wb.saya membutuhkan artikel ttg 10 jenis shalat yg ditolak oleh Allah Ta'ala, jika tidak keberatan mohon dikirim ke yusi_rn@yahoo.com. Terima kasih.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus

Utk memudahkan Komentar para sobat, sy hilangkan anti Spam, maka dr itu berikan Koment yang baik, apabila tidak lebih baik diam..dan utk komentar pembangunan, saya terima...