Kamis, 25 Februari 2010

Wahyu yang Kedua

WAHYU TERPUTUS
Tentang Jangka waktu terputusnya wahyu, Ibnu Sa'd meriwayatkan dari Ibnu Abbas, yang intinya menjelaskan bahwa jangka waktunya adalah beberapa hari, Inilah pendapat yang kuat dan bahkan yang bisa dipastikan, setelah mengadakan penyelidikan dari segala sisi. Pendapat yang banyak menyebar, bahwa masa terputusnya wahyu itu berlangsung selama tiga tahun atau dua setengah tahun, merupakan pendapat yang tidak benar. Namun bukan disini tempatnya untuk menyanggah pendapat ini secara rinci.
Pada masa - masa terputusnya wahyu itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam hanya diam dalam keadaan termenung sedih. Rasa kaget dan bingung melingkupi diri beliau. Al-Bukhary meriwayatkan didalam kitabut-Ta'bir, yang isinya sebagai berikut: Wahyu terputus selang beberapa waktu, hingga Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dirundung kedukaan seperti halnya diri kita yang sedang berduka. Beberapa kali beliau pergi kepuncak gunung agar mati saja disana. Tapi setiap kali beliau sudah mencapai puncaknya dan terbesit keinginan untuk terjun dari sana, muncul bayangan Jibril yang berkata kepada beliau, "Wahai Muhammad, engkau adalah benar - benar Rasul Allah." Dengan begitu hati dan jiwa beliau menjadi tenang kembali. Setelah itu beliau pulang kembali. Jika kevakuman wahyu itu berselang lagi, maka beliau melakukan hal sama. Namun selagi sudah tiba dipuncak gunung, tiba - tiba muncul bayangan Jibril dan mengatakan hal yang sama.

Jibril Turun Membawa Wahyu untuk Kedua kalinya
Ibnu Hajar menuturkan, selama wahyu terputus untuk beberapa hari lamanya, beliau ingin ketakutan dan kedukaannya segera sirna dan kembali seperti sebelumnya. Tatkala bayangan - bayangan kebingungan mulai surut, tanda - tanda kebenaran mulai membias, dan beliau menyadari secara yakin bahwa beliau benar - benar menjadi seorang Nabi Allah Yang Maha Besar dan Mahatinggi, bahwa yang mendatangi beliau duta pembawa wahyu yang menyampaikan pengabaran langit, kegelisahan dan penantiannya terhadap kedatangan wahyu merupakan sebab keteguhan hatinya jika wahyu itu datang lagi, Maka Jibril benar - benar datang lagi kedua kalinya.

Al-Bukhary meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, bahwa dia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menuturkan masa turunya wahyu. Beliau bersabda, "Tatkala aku sedang berjalan, tiba - tiba kudengar sebuah suara yang berasal dari langit. Aku mendongakkan pandangan ke arah langit. Ternyata di sana ada malaikat yang mendatangiku di gua Hira', sedang duduk di sebuah kursi, menggantung diantara langit dan bumi. Aku mendekatinya hingga tiba - tiba aku terjerembab ke atas tanah. Kemudian aku menemui keluargaku dan kukatakan, Selimutilah aku, selimutilah aku!"

Lalu Allah menurunkan surat Al-Muddatstsir: 1-5.
يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ
Hai orang yang berkemul (berselimut),
قُمْ فَأَنْذِرْ
bangunlah, lalu berilah peringatan!
وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ
dan Tuhanmu agungkanlah,
وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ
dan pakaianmu bersihkanlah,
وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ
 dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah,


Setelah itu wahyu datang secara berturut - turut, nantikan artikel - artikel mengenai Sirah Nabawiyah berikutnya semoga bermanfaat.

Di sadur dari Buku Sirah Nabawiyah karangan "Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury",

12 komentar:

  1. aq jarang dan hampir g pernah nyentuh Al Qur'an meskipun dalam hati juga pengeen bgt

    Parse Code HTML Ala Mbah Google

    BalasHapus
  2. nice post kag... biar pada tahu wahyu kedua...
    gag cmn tahunya ngeblog ma naikin ranking hihihihi :D

    BalasHapus
  3. syukron atas penjelasannya

    BalasHapus
  4. salam sahabat
    komeng saya kok ilang.....???thnxs this info good luck ya

    BalasHapus
  5. salam shaabat
    ehm bagus menjadikan kita sebagai muslimah memahaminya amien..oh iya mas mengenahi Sholawat darimana asala usulnya biar ga asal bersholawat yang mas tanyakan itu saya mendapatkan dari ukhti Wafiq azizah ,dalam VCD lantunan islami dengan judul YA MAULIDAN semoga tidak menimbulkan fitnah terima kasih ya

    BalasHapus
  6. godaan pada Rasulullah banyak juga ya?
    semoga kita bisa meneladani beliau.

    BalasHapus
  7. artikel yg bermanfaat, ada penjelasannya disini.
    makasih sharingnya.

    BalasHapus
  8. salam,
    saya memang belum belajar membaca al-Quran, makanya sumber begini sangat saya perlukan. semoga memberi manfaat buat yang lain juga.

    terima kasih, salam hormat.

    BalasHapus
  9. Terima kasih banyak semua.. semoga Allah memberikan Hidayanya yang tidak henti2 untuk kita semua khususnya untuk ;
    #Rizky2009...Masya Allah Rizky sesungguhnya Al-Qura'an itu akan memberikan syafaat di akhirat nanti, janganlah kamu jauhi...
    #ina...Makanya saya buat Blog agar tidak tenggelam didunia maya terus..trims ya dah berkunjung
    #dhirgham... Alhamdulillah, Barakallahu fiqh..
    #Dhana/戴安娜.. g hilang cuma menunggu moderator saja :)
    #narti..Rasulullah itu tauladan bagi kita..
    #sda..Alhamdulillah terima kasih kembali sudah berkunjung..
    #al-basri.. Cobalah cari guru mengaji dengan Manhaj yang benar yaitu Ahlussunah wal Jama'ah.. untuk belajar membaca Al-Qura'an..

    BalasHapus
  10. nice post lho...
    semangat ya...
    oh ya jilbab itu wajib lho*abis banyak yang melarang*

    BalasHapus
  11. artikel yang bagus.......
    semoga bermanfaat....

    BalasHapus
  12. Anonim10:40 AM

    mohon disemak benar ngak wahyu keduanya Al Muddatsir? atau Al Qalam? kerana menurut qoran yg keduanya Al Qalam diikuti Al muzzammil baru turun al muddatsir...

    BalasHapus

Utk memudahkan Komentar para sobat, sy hilangkan anti Spam, maka dr itu berikan Koment yang baik, apabila tidak lebih baik diam..dan utk komentar pembangunan, saya terima...